Bantu Penanganan Bencana Sulteng, SAR UNM Kerjasama Kembara Kitchen

MAKASSAR– Kepedulian terhadap bencana gempa bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah terus berdatangan. Tak hanya dari dalam negeri, bantuan dari negara dan lembaga asing terus berdatangan untuk meringankan beban korban.

Salah satunya lembaga sosial Kembara Kitchen dari Malaysia yang ikut bergerak membuat dapur umum di wilayah terdampak gempa dan Tsunami di Donggala, Palu dan Sigi. Lembaga ini menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa Search and Rescue Universitas Negeri Makassar (UKM SAR UNM) untuk menyalurkan bantuan tersebut.

Rombongan Kembara Kitchen dan SAR UNM yang mengantarkan bantuan logistik dan peralatan dapur umum sampai di Kota Palu, Sabtu (13/10/2018). Mereka kemudian membagikan bantuan Logistik dan makanan jadi kepada korban.

Pimpinan rombongan Kembara Kitchen, William Cheah Ui Lim mengapresiasi dukungan SAR UNM kepada pihaknya. Kembara Kitchen mengaku bangga bisa bekerjasama dengan SAR UNM.

Tak hanya memberikan bantuan ke Palu, Kembara Kitchen juga melatih anggota SAR UNM yang ada di Makassar tentang manajemen dapur umum. Kitchen Kembara juga memberikan hibah peralatan dapur umum kepada SAR UNM untuk digunakan nantinya.

Tampak anggota SAR UNM sedang latihan manajemen dapur umum oleh Kembara Kitchen

“Kami sangat senang bisa berbagi ilmu dan pelatihan kepada anggota SAR UNM. Semoga ini bisa diterapkan di lapangan nantinya,” kata William.

Kerja sama kedua lembaga berbeda negara ini tak sebatas pada penyaluran logistik dan penyediaan dapur umum. Kembara Kitchen akan berupaya membantu SAR UNM dalam menjalankan misi kemanusiaan.

“Sebagai lembaga sosial, kami akan berharap kerjasama ini bisa berlanjut. Misalnya teman-teman dari SAR UNM ingin membuat kegiatan program trauma healing, kami siap mencarikan donatur,” jelas William.

Ketua Umum SAR UNM, Rizky Wahyudi mengatakan kerja sama pihaknya dengan Kembara Kitchen untuk membantu korban bencana. Sebelumnya sekitar 15 personil SAR UNM diturunkan untuk proses pencarian dan evakuasi korban gempa dan tsunami.

“Kami ucapkan terima kasih banyak atas kepercayaan dari Kembara Kitchen untuk sama-sama membantu saudara kita di Palu dan sekitarnya. Meski tak bisa berlangsung lama karena terkendala izin dari pemerintah,” ungkapnya. (Infokom)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *