SAR UNM Ikut Simulasi Bencana Peringati HKB 2019

Makassar, SAR UNM — Dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh 26 April 2019, civitas UNM melakukan apel dan simulasi bencana. Dua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) SAR dan KSR PMI UNM mengadakan simulasi bencana gempa bumi di Menara Phinisi Kampus UNM Gunung Sari, Jum’at (26/04//2019).

Simulasi ini mengikutsertakan mahasiswa UNM serta pegawai yang berkantor di Menara Phinisi. Simulasi ini juga memperlihatkan kesigapan para relawan dalam menangani para korban bencana.

Breafing sebelum memulai evakuasi

Wakil Rektor I UNM, Prof. Dr. Rer Nat, Muharram, M.Si mengatakan kegiatan ini sangat bagus untuk diadakan terlebih lagi seringnya terjadi bencana gempa di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan.

“Setiap jenis bencana beda-beda penanganannya, sebagai masyarakat kampus harus selalu siap siaga. Kita harus menjadi pusat penanganan bencana,” katanya saat membuka simulasi.

proses evakuasi

Sementara itu, Wakil Rektor III UNM, Dr. H. Arifuddin Usman M.Kes menyebutkan peringatan dan simulasi HKB digelar berdasarkan intruksi Kemenristek Dikti.

“Simulasi ini menjadi sarana belajar jika sewaktu-waktu terjadi gempa di kampus UNM ini. Simulasi ini juga meningkatkan kemampuan para rescuer dan relawan dalam mengevakuasi dan memberikan pertolongan bagi para korban,” sebutnya.

Selama kegiatan simulasi, rescuer melakukan pengevakuasian terhadap 5 korban yang mengalami luka berupa cedera dan patah tulang serta 2 korban yang meninggal dunia. Infokom/Eni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *